Pojokkiri.com

13 Desa di Magetan Ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Magetan, Pojok Kiri – Sebanyak 13 desa di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, turut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan Joko Trihono, Minggu (24/4/2022) mengatakan bahwa saat ini panitia pusat sedang melakukan evaluasi terhadap desa-desa yang telah terdaftar pada ajang ADWI 2022 yang pendaftarannya telah ditutup pada 31 Maret 2022.

“Semua desa wisata kami dorong untuk menjadi desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2022, Saat ini dilanjutkan dengan evaluasi potensi yang ada di setiap desa wisata,” terangnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 13 desa itu yakni Desa Wisata Bungkuk, Gandek Kawedanan, Genilangit, Sidomukti, Sumber dodol, Krowe, Pancalan, Mrahu, Randugede, Kraton, Simbatan, Sukowidi, dan Jabung.

“Untuk tahun ini kategori penilaian mengalami penambahan. Yakni Kelembagaan desa menjadi poin penting dalam penilaian ADWI 2022. Karena itu, hal ini tergolong baru,” ungkap Joko.

Ia menambahkan, pada pelaksanaan ADWI 2022, jumlah desa dari Kabupaten Magetan yang turut serta dalam ajang tersebut jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Pada 2021, ada 13 desa dari Kabupaten Magetan dimana hanya satu desa yakni Desa Jabung masuk dalam 300 besar.

“Selamat kepada Desa Wisata TWD Jabung Kabupaten Magetan, telah masuk 300 besar nominasi ADWI 2022, dari 3.419 Desa Wisata Se-Indonesia. Perjuangan belum usai, semoga terus sukses ditahap selanjutnya,” ujar Kepala Disparbud Magetan.

Joko menilai peluang desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten Magetan untuk meraih prestasi pada ajang tahunan tersebut cukup besar. Hal itu disebabkan banyak keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing desa yang ada di wilayah tersebut.

“Faktor dukungan alam juga sangat luar biasa. Karena itu, kami sangat yakin, desa wisata Magetan bakal semakin berprestasi pada tahun-tahun mendatang,” katanya.

Sebagai informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan ada kurang lebih sebanyak 3.000 desa wisata yang turut serta dalam ADWI 2022. Namun, pada gelaran ADWI 2022 tersebut diikuti oleh 3.419 peserta dari seluruh Indonesia.

Ajang tersebut diharapkan mampu menunjukkan kolaborasi antar masyarakat dalam upaya untuk mengembangkan potensi desa yang pada akhirnya mampu memberikan nilai tambah serta menciptakan peluang usaha serta lapangan kerja. (Lak/G.lih/adv)

Berita Terkait

KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Telah Terbentuk

Mimpi Masyarakat Bojonegoro Terbayar, Warga Sumringah Jalan Desa Mulai Mulus

sukoto pojokkiri.com

Karena Api Membumbung Sangat Tinggi …

adminkiri01