Pojokkiri.com

KPU Kota Surabaya Buka Pendaftaran KPPS dengan Kuota 30% Perempuan untuk Pilkada 2024

Ketua KPU Kota Surabaya Surabaya.

Surabaya Pojokkiri.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah resmi membuka pendaftaran bagi warga yang ingin bergabung sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada serentak 2024.

Pendaftaran dilakukan secara manual di seluruh kelurahan yang ada di Kota Surabaya, dengan target SDM yang dibutuhkan mencapai 7 orang per TPS, atau total sekitar 3.964 TPS.

Ketua KPU Kota Surabaya, Suprayitno, menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat sangat penting untuk kesuksesan Pilkada, dan berharap media dapat membantu mempublikasikan informasi ini agar lebih banyak warga yang berminat mendaftar.

“Pendaftaran KPPS dibuka bagi warga berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan fisik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari puskesmas, rumah sakit, atau klinik,” ungkap Ketua KPU Surabaya, Suprayitno.

Suprayitno menyatakan, calon anggota KPPS diharuskan melampirkan informasi terkait tekanan darah, gula darah, dan hasil pemeriksaan kesehatan lainnya untuk memastikan kondisi fisik yang baik selama bertugas.

“Selain itu, KPU Surabaya juga memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berpartisipasi selama mereka mampu menjalankan tugasnya,” tutur Suprayitno, pada Kamis (19/09/2024).

Tak hanya itu, ungkap Suprayitno, KPU Surabaya menetapkan kuota 30% untuk anggota perempuan di setiap KPPS, demi menciptakan keterwakilan yang lebih inklusif dan adil. Kebijakan ini diambil dengan harapan agar peran perempuan lebih terlihat dan signifikan dalam pelaksanaan Pilkada.

“Dengan demikian, KPU berharap bahwa kebutuhan SDM untuk Pilkada 2024 dapat terpenuhi dengan baik dan dapat menjamin kelancaran proses demokrasi di Kota Surabaya” pungkasnya (sam/gat).

 

 

Berita Terkait

Polrestabes Surabaya dan KPU Kota Surabaya Jalin Sinergi Jelang Pilkada Serentak 2024