Pojokkiri.com

Kapolri Pimpin Upacara Hari Juang Polri di Surabaya, Peringati Proklamasi Polisi 1945

Kapolri Pimpin Upacara Hari Juang Polri di Surabaya, Peringati Proklamasi Polisi 1945
Kapolri Pimpin Upacara Hari Juang Polri di Surabaya, Peringati Proklamasi Polisi 1945

Surabaya Pojokkiri.com – Dalam rangka memperingati Hari Juang Polri, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara yang digelar di depan Monumen Perjuangan Polri, Jalan Raya Darmo, Surabaya, pada Rabu pagi (21/8/2024).

Upacara ini berlangsung khidmat dan penuh makna, mengingatkan kembali pada sejarah perjuangan Polri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kapolri tiba di lokasi pada pukul 09.10 WIB dan langsung menerima laporan upacara, sebelum berdiri di podium utama yang berada di tenda tengah. Ratusan anggota Polri yang menjadi peserta upacara telah bersiap sejak pukul 09.00 WIB, memasuki area dari dua arah, yaitu Jalan M Jasin Polisi Istimewa di belakang tenda upacara.

Momen paling mengharukan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ketika Kapolri membacakan teks Proklamasi Polisi, yang pertama kali disampaikan oleh Moehammad Jasin, pemimpin Polisi Istimewa Surabaya, pada 21 Agustus 1945.

Dengan lantang, Kapolri mengucapkan, “Untuk bersatu dengan rakjat dalam perdjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia,” menegaskan semangat kebangsaan yang melekat erat dalam tubuh Polri.

Upacara yang berlangsung tanpa amanat dari Kapolri ini selesai pada pukul 09.27 WIB dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Agenda dilanjutkan dengan penampilan drama kolosal yang mengisahkan peristiwa heroik pembacaan proklamasi oleh Moehammad Jasin, memperlihatkan bagaimana keberanian dan tekad Polisi Istimewa Surabaya dalam menjaga kemerdekaan Indonesia.

Acara ini bukan hanya sekadar upacara, tetapi juga merupakan pengingat pentingnya peran Polri dalam sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia. (Sam)

Berita Terkait

Hari Juang Polri di Surabaya Kenang Sejarah Perjuangan Polisi Istimewa Rebut Kemerdekaan