Pojokkiri.com

Kirab Pataka JBMB Diberangkatkan Menuju Gresik

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Nalikan memberangkatkan kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMW) untuk melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gresik.(Pojok Kiri/Zainul Lutfi)

Lamongan, Pojok Kiri.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Nalikan memberangkatkan kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMW) untuk melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gresik, Selasa (8/10) di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan pagi ini.

“Kemarin kirab pataka JBMW dalam rangka menyambut HUT Provinsi Jawa Timur ke 79, tiba di Lamongan. Dan menginap satu hari di Pendopo Lokatantra, pasca diterima dari Kabupaten Tuban. Pagi ini akan kita berangkat untuk melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gresik,” tutur Nalikan.

Selanjutnya Nalikan menjelaskan bahwa lambang daerah Provinsi Jawa Timur yakni Jer Basuki Mawa Beya, memiliki makna senantiasa bekerja keras dalam menggapai apa yang diimpikan. Hal tersebut harus dijadikan pedoman dalam melakukan pembangunan. Karena pembangunan yang dilalukan akan menjadi kontribusi dalam pembangunan Jawa Timur pula.

Terlebih Kabupaten Lamongan termasuk dalam Gerbangkertosusilo (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan), yangmana menjadi wilayah nomor 2 dengan kepadatan penduduk didalamnya, menjadikan Lamongan lincah dalam mengkoordinasikan perencanaan tata kelola pemerintahannya untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sebagai daerah yang menjadi bagian dari Jawa Timur, kita harus memberikan kontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan Jawa Timur. Kontribusi dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan,” jelas Nalikan.

Nalikan menambah bahwa ada yang spesial pada pelaksanaan kirab pataka tahun ini. Karena bersamaan dengan rangkaian pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Sehingga, selain menggaungkan semangat Hari Jadi Jawa Timur Ke-79, juga dapat membantu pemerintah dalam menyerukan Pilkada yang damai di Jawa Timur.

Usai menempuh perjalanan kurang lebih 2.000 Km dan 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, pataka yang sudah dilepas oleh Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono pada Selasa (24/9/2024) lalu di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya) ini akan berakhir di Surabaya pada 11 Oktober 2024 nanti.(lut)