Pojokkiri.com

Operasi Zebra Semeru 2024 Resmi Dimulai: Polrestabes Surabaya Siap Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Operasi Zebra Semeru 2024 Resmi Dimulai: Polrestabes Surabaya Siap Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Surabaya Pojokkiri.com – Polrestabes Surabaya menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024 di halaman Mapolrestabes, Senin (14/10/2024). Acara ini melibatkan sinergi antara Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, serta unsur TNI dan pemerintah kota, termasuk Dishub dan Satpol PP Surabaya.

Apel yang dipimpin oleh Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Wimboko, S.I.K., M.Si., menandai dimulainya Operasi Zebra yang akan berlangsung dari 14 hingga 27 Oktober 2024. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan yang sering terjadi di wilayah Surabaya.

Dalam amanatnya, AKBP Wimboko membacakan pesan Kapolda Jatim yang menyoroti peningkatan populasi dan mobilitas yang memicu kemacetan serta kecelakaan lalu lintas. Terlebih lagi, dengan situasi kampanye yang bertepatan dengan Operasi Zebra, pengguna jalan diimbau untuk tidak terjebak dalam euforia yang berpotensi membahayakan keselamatan berlalu lintas.

Operasi Zebra Semeru 2024 akan mengedepankan pendekatan edukasi, dengan petugas lebih banyak memberikan teguran terhadap pelanggaran yang berisiko tinggi, seperti tidak memakai helm, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan. Sistem tilang elektronik (E-TLE) juga akan terus dioptimalkan untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas secara otomatis.

“Diharapkan dengan Operasi Zebra ini, masyarakat akan lebih tertib dan memahami pentingnya keselamatan di jalan raya,” tegas AKBP Wimboko. Ia juga mengingatkan agar seluruh petugas menghindari tindakan yang bisa merusak citra institusi Polri dan selalu mengedepankan pelayanan Presisi kepada masyarakat.

Setelah apel, kegiatan ditutup dengan pemeriksaan pasukan dan sesi foto bersama, menandakan kesiapan seluruh aparat dalam melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2024 dengan tertib dan lancar (sam).