Pojokkiri.com

Hutan Bambu Desa Sumberaji Terbakar

 

Kobaran api dilahan hutan bambu Desa Sumberaji, Kecamatan Sukodadi, kemarin petang.(Pojok Kiri/Zainul Lutfi)

Lamongan, Pojok Kiri.com- Kebakaran hutan bambu terjadi pada Rabu (16/10/2024) sekira pukul 17.40 WIB, di hutan bambu milik Dusun Bulak, Desa Simberaji, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut. Sementara, penyebab kebakaran atau sumber api, diduga berasal dari sampah yang dibakar oleh warga dan apinya menjalar ke hutan bambu yang berada di pekarangan bambu milik desa tersebut.

Informasi yang didapat awak media ini dari Kapolsek Sukodadi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mohammad Lazib, S.H, bahwa berdasarkan keterangan saksi-saksi, awal mulanya saksi Supeno (49) dan Subhan (40), sedang berada di belakang rumahnya dan melihat asap di pekarangan hutan bambu milik desa.

Mengetahui hal tersebut, saksi Supeno dan Subhan segera memberitahu warga setempat dan setelah dicek, asap tersebut ternyata berasal dari api yang membakar sampah daun kering dan telah menyambar rumpun bambu yang berada di pekarangan milik desa.

“Warga setempat berupaya memadamkan api sambil meminta bantuan mobil pemadam kebakaran. Kemudian datang mobil pemadam kebakaran untuk membantu pemadaman, sehingga api dapat segera di padamkan. ,” tutur Kapolsek.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam kondisi musim kemarau saat ini. “Jangan membakar sampah sembarangan. Namun bila ada aktifitas pembakaran harus diawasi,” lanjutnya.

Hal tersebut termasuk di kawasan lahan atau di dalam hutan. Disampaikan Kapolsek, sebaiknya menghindari aktifitas pembakaran di kawasan lahan di saat musim kemarau. Misalnya meghindari membuat api unggun.

“Kemudian jalau berpergian dalam waktu lama, sebaiknya regulator kompor dilepas,” tandas Kapolsek seraya menyampaikan instalasi listrik juga ditata rapi dan menggunakan yang sesuai standar.(lut)