Pojokkiri.com

Latgab Tiga Matra di Situbondo Terapkan Perang Modern

Situbondo, PojokKiri.com – Latihan Gabungan (Latgab) TNI “Dharma Yudha 2019” di Situbondo, Jawa Timur, kini melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra. Yaitu, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta sepertiga kekuatan Alutsista TNI yang berlangsung di titik pantau Karang Tekok, Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kamis (12/9/2019).

Latgab kali ini disaksikan langsung Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam RI). Purn. Jenderal Wiranto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Turut hadir pula Dandim 0823 Letkol (inf) Ahmad Juni Toa, Kapolres AKBP Awan Hariono, Kajari,  Bupati H Dadang Wigiarto.

Para prajurit RI ini menunjukan kehebatan dan kecanggihan Alutsista atau peralatan perang yang dimiliki tiga matra.

Tujuan dari Latgab TNI 2019 ini, untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapsiagaan  prajurit. Sehingga, apabila para prajurit dan seluruh sistemnya dibutuhkan dalam melaksanakan operasi, semuanya sudah siap.

“Target dari Latihan Gabungan TNI 2019 ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan meningkatkan kemampuan interoperability ketiga matra (Darat, Laut dan Udara),” ujar Menkopolhukam RI, Purn Jenderal Wiranto dihadapan sejumlah wartawan.

Selanjutnya, sambung Wiranto, Latgab TNI “Dharma Yudha 2019” sudah dilaksanakan secara bertahap. Mulai dari gladi posko dan dilanjutkan dengan manuver lapangan selama tiga hari.

“Seperti kita saksikan bersama, keakuratan dan kecanggihan alat perang yang kita miliki sangat luar biasa, dan ditambah dengan kemahiran para prajurit TNI dalam latgab tersebut,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Latgab TNI kali ini sudah mulai menerapkan pelaksanaan perang modern. Yaitu, network centric operation atau network centric warfare, menggabungkan sistem kekuatan dari ketiga matra. Yakni, Darat Laut dan Udara, yang didukung oleh blackbordnya menggunakan satelit.

“Setiap negara punya kebanggaan dan kehormatan, salah satu kebanggaan Indonesia adalah kekuatan angkatan bersenjata. Kekuatan Angkatan Bersenjata RI patut dibanggakan serta mampu mengimbangi kekuatan yang dimiliki negara lain,” tegasnya. (asr/ lah)

Berita Terkait

Mbah Marliyah Sumringah Usai Rumahnya Disulap Anggota Koramil 0817/02 Wringinanom

adminkiri01

Massa GP Sakera Turun Jalan Tuntut Balon Kades Suryadi Digugurkan