Pojokkiri.com

SIFF 2024 Siap Guncang Panggung Mode Dunia

SIFF 2024 Siap Guncang Panggung Mode Dunia (foto: samsul) 

Surabaya, Pojokkiri.com – Surabaya International Fashion Festival (SIFF) resmi dimulai dengan gelaran Fashion Show dan Press Conference yang berlangsung di FairwayNine Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (27/08/2024).

Acara yang diadakan pada siang hari ini menghadirkan para pemenang internasional seperti Anastasia de Bantel, 1st Runner Up Miss Teenager Universe 2024, asal Prancis, Lloyd Figueras, Mister Teenager Universe 2024 asal Filipina, dan Anais de Bantel, Miss Teenager Universe Europe 2024 asal Monaco.

Mochamad Nasiruddin Direktur Pusat The Platinum Skills mengatakan, acara yang berlangsung tadi sekura pukul 14.00 hingga 16.00 Wib, tidak hanya menjadi ajang pameran busana, tetapi juga sebagai momentum penting dalam memperkenalkan Surabaya di kancah mode internasional.

“Dengan didukung oleh berbagai mitra dan sponsor, SIFF 2024 diharapkan menjadi ajang bergengsi yang membawa pengaruh positif bagi industri fashion dan kota Surabaya,” ungkap Nasruddin sapaan akrabnya.

Nasruddin menyebut, Surabaya menjadi pusat perhatian dalam peringatan 10 tahun Indonesia yang dipadukan dengan peluncuran Surabaya International Fashion Festival, bagian dari edisi ke-4 Indonesia.

“Pagelaran ini tidak lebih dari sekadar peringatan, akan tetapi juga adalah refleksi perjalanan panjang Indonesia yang dimulai sejak 2015 silam, ketika Jawa Timur menjadi tuan rumah pertama,” jelas Nasruddin.

Pada tahun ini ungkap Nasruddin, Surabaya kembali dipilih sebagai lokasi utama dengan pelaksanaan karantina Mister Teenager Universe 2024 yang berlangsung pada, 29 Oktober 2024, serta pada 31 Oktober mendatang.

“Dua hotel besar di Surabaya akan menjadi tempat penyelenggaraan, dimana para peserta nanti akan menghadapi berbagai tantangan, termasuk tes kepribadian dan top model challenge,” papar Nasruddin.

Inovasi terbaru tahun ini adalah sesi sport fashion, yang diperkirakan akan melibatkan kolaborasi dengan Karawang.

Acara ini juga menekankan pada pengembangan pribadi peserta yang terintegrasi dengan kegiatan sosial, menyiapkan mereka untuk menjadi influencer berpengaruh dengan kompetensi yang terus diperbarui.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, Surabaya International Fashion Festival diharapkan menjadi ajang prestisius yang memperkuat posisi Indonesia di panggung internasional.

Sementara itu, Rachel Wang President Mister Miss Teenager Universe Pageant sekaligus Managing Director Mister Teen – Miss Teenager Indonesia & Direktur IDC menambahkan, surabaya kian mantap dalam perjalanannya menuju pengakuan sebagai kota fashion internasional di Indonesia.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Luar Negeri Indonesia dan KBRI Manila, Surabaya akan meluncurkan sebuah platform internasional yang dirancang untuk mendukung para desainer kreatif Jawa Timur,” tutur Rachel Wang President Mister Miss Teenager Universe Pageant, pada Selasa (27/8).

Rachel Wang President Mister Miss Teenager Universe Pageant mengatakan, platform ini diharapkan menjadi jembatan bagi desainer lokal dan UMKM untuk menembus pasar mode global.

“Acara ini tidak hanya berfokus pada desainer lokal tetapi juga melibatkan sekitar 80 desainer dari Filipina dan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu, dukungan dari berbagai sekolah fashion yang menawarkan beasiswa akan membantu mengembangkan bakat-bakat lokal,” tandasnya.

Surabaya International Fashion Festival juga akan melibatkan tokoh-tokoh seperti Mister Tim Indonesia, Mister Manager Indonesia, dan Mister Universe, yang akan mendorong Surabaya menjadi pusat mode dengan daya saing global.

Visi besar ini diharapkan dapat membawa brand-brand lokal ke panggung internasional, menjadikan Surabaya sebagai kota fashion yang mendunia.

Dalam perayaan 10 tahun itu, Surabaya akan menjadi sorotan dalam penyelenggaraan edisi ke-4 di Indonesia khususnya Kota Surabaya yakni peluncuran Surabaya International Fashion Festival nanti.