Pojokkiri.com

Sosialisasi Mengenai Digitalisasi UMKM – Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Adakan FGD

Blitar, Pojok Kiri.-
Sejumlah mahasiswa yang tergabung ke dalam Kelompok 143 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) MBKM dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) telah sukses mengadakan kegiatan focus group discussion (FGD) bersama masyarakat setempat di Balai PKK, Kelurahan Sananwetan, Kota Blitar, (14/04/2022).
Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Heri Sukotjo S.E selaku Lurah Sananwetan, serta 10 UMKM yang ada di wilayah tersebut. Di antaranya Dodol Kacang Ijo “Cang Jo’s”, Susu Kedelai “Candi Pelangi”, Aneka Sambel “Ny.Arie”, Bubuk Kopi “Lestari”, Pia Kering “L.A”, Kue Kering “ Lya Cookies”, Es Dawet “Cabang Pasar Pon”, Jamur “Ari Jamur” , Tanaman Bonsai “Gumilang Style”, dan Ikan Frozen.
“Besar harapan saya, para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di sini dapat membantu UMKM yang ada di Kelurahan Sananwetan supaya mengalami perkembangan,” ujar Heri Sukotjo selaku Lurah Sananwetan pada saat memberikan sambutan, Kamis (14/04).
Setelah sambutan, dilanjut dengan pemaparan materi dari kelompok mahasiswa 143 KKN-T UPNVJT mengenai pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM, Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen pemasaran, konten digital, dan bisnis plan.
“Semangat para pegiat UMKM di kelurahan Sananwetan dapat terbilang cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan adanya antusiasme para peserta dalam mengikuti FGD. Semoga dengan adanya kegiatan dari kelompok kami ini, dapat memberikan manfaat dan mendorong perkembangan bagi UMKM di Kelurahan Sananwetan,” ujar Azim selaku perwakilan dari kelompok mahasiswa 143 KKN-T UPNVJT.
Kegiatan FGD ini dilakukan dalam rangka memberikan solusi mengenai kendala UMKM, permasalahan utama yang dihadapi UMKM tersebut dalam hal akses permodalan dan pemasaran. Selain itu, juga memberikan pendampingan untuk memajukan ekonomi kreatif kepada UMKM yang ada di Kelurahan Sananwetan.
“Dengan adanya kegiatan ini, saya merasa terbantu karena mendapatkan solusi dari adanya permasalahan yang dialami oleh UMKM sehingga saya memiliki gambaran untuk meningkatkan kualitas dari produk, mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet dari UMKM ini,” ucap Arie pemilik UMKM Aneka Sambel ‘Ny.Arie’ kepada Pojok Kiri. (mar)

 

Berita Terkait

Diduga Illegal, Galian C Sumber Asri Lolos Jerat Hukum dan Jadi Bancakan ?

Gandeng DMI, Go Fun Ramadhan Ceria Santuni 4 Ribu Lebih Anak Yatim

Dewan Dukung Tumbuhnya UMKM Obat Tradisional