Pojokkiri.com

Sirkuit Balapan Level Internasional Dibangun di Magetan, Kelahiran Pembalap Berkelas di Depan Mata


Surabaya, Pojokkiri.com.-
Pembangunan sirkuit balapan standard internasional di Parang, Magetan, diharapkan bisa menambah jumlah destinasi wisata di wilayah tersebut setelah Waduk Sarangan dan Ngebel. Tak hanya itu, adanya sirkuit diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet balap lokal yang bisa berkancah di level nasional maupun internasional.

“”Insya Allah kalau sesuai dengan kontraknya nanti pada tanggal 22 Desember 2024 sirkuit ini bisa selesai dan akan menjadi destinasi spot olahraga dan destinasi wisata sehingga bisa dinikmati warga Magetan,” ujar anggota DPRD Jawa Timur Suli Daim saat dikonfirmasi, Selasa (8/10/2024).

Politisi PAN ini lalu menceritakan proses awal perencanaan sirkuit balap terinspirasi dan prestasi dari sosok Mario Aji, pembalap Moto3 asal Magetan, Jawa Timur.
“Dengan dibangunnya sirkuit tersebut diharapkan lahir Mario Aji lainnya yang membawa harum nama bangsa,” terangnya.

Menurut dia, Sirkuit balap motor ini diharapkan dapat mengenalkan kepada para pecinta balap ada sirkuit dengan kualitas nasional di bawah Gunung Bungkuk yang ada di Magetan, Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat itu meresmikan masterplan pembangunan Sirkuit Magetan. Inisiasi pembangunan sirkuit ini tak lepas dari tingginya animo masyarakat, khususnya anak muda, terhadap olahraga bermotor. Sehingga, Pemprov Jatim perlu membuat wadah untuk menunjang minat anak-anak muda.

Menurut mantan mensos ini, kemunculan Mario Aji di ajang balap dunia membuat pandangan warga Magetan berubah tentang balap motor. Sehingga, muncul ide untuk membuat sirkuit guna memfasilitasi minat dan bakat balap warganya.

“Profesi seperti pembalap jika ditekuni akan membuahkan hasil yang luar biasa. Dua pembalap tersebut telah mengubah cita-cita mainstream di kalangan warga Magetan,” katanya.

Khofifah menambahkan, pembangunan sirkuit balap di Magetan yang dibangun di Kecamatan Parang, akan lahir pembalap-pembalap yang lebih hebat dari Mario, dan prestasi itu lahir di Magetan. Selain itu, diharapkan pula Sirkuit Magetan ini dapat menjadi sport tourism andalan Jatim yang mengombinasikan olahraga sekaligus memperkenalkan keunggulan wisata di Jatim.(wan)

Berita Terkait

Dewan Usul Terminal dan Jembatan Timbang  Dikembalikan ke Daerah

Pengenalan Alat Kontrasepsi ke Pelajar, Upaya Pemerintah Tekan Seks Bebas dan Pernikahan Dini

sukoto pojokkiri.com

Malang Darurat Kekeringan, Embung dan Air Bersih Mendesak Dipenuhi