Pojokkiri.com

Pengenalan Alat Kontrasepsi ke Pelajar, Upaya Pemerintah Tekan Seks Bebas dan Pernikahan Dini

Surabaya, Pojokkiri.com.-

Pengenalan alat kontrasepsi kepada kalangan pelajar dinilai sangat tepat. Pasalnya, bisa sebagai upaya untuk mencegah adanya pernikahan dini maupun adanya seks bebas di kalangan pelajar.

“Pencegahan dini itu dilihat positifnya. Jangan negatifnya saja. Hal ini sebagai upaya untuk pencegahan pernikahan dini dan seks bebas di kalangan pelajar di Indonesia khususnya di Jawa Timur, ” ungkap anggota DPRD Jawa Timur Rasiyo saat dikonfirmasi Kamis (10/10/2024).

Mantan Sekdaprov Jawa Timur ini mengatakan, pengenalan alat kontrasepsi bagi kalangan pelajar janganlah dianggap sebagai upaya pengenalan terhadap dunia seks. “Memaknainya harus dengan kata pengamanannya. Tujuannya adalah pengamanannya agar pelajar menjauhinya dari seks bebas yang berimbas pada pernikahan dini, ” jelas mantan Kadiknas Jawa Timur ini.

Rasiyo mengatakan, adapun penyediaan alat kontrasepsi bagi usia sekolah dan remaja merupakan bagian upaya kesehatan sistem reproduksi sesuai siklus hidup. “Pengenalan ini merupakan upaya kesehatan sistem reproduksi usia sekolah dan remaja berupa pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi, serta pelayanan kesehatan reproduksi, ” terangnya.

Ditambahkan pria asal Madiun ini, selain penyediaan alat kontrasepsi, deteksi dini hingga konseling juga menjadi bagian dari bentuk pelayanan kesehatan reproduksi bagi usia sekolah dan remaja.

Sekedar diketahui, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo ikut mengatur ketentuan pemberian alat kontrasepsi bagi siswa dan remaja. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 2024 terkait pelaksanaan Undang-Undang No 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Pasal 103 menyebut soal upaya Kesehatan system reproduksi anak sekolah. Anak usia sekolah dan remaja diwajibkan mendapat edukasi Kesehatan reproduksi mulai dari mengetahui sistem, fungsi, hingga proses reproduksi. (wan)

Berita Terkait

Machmud : Yang Salah Harus Di Semprit, Komisi A Gelar Rapat dengan Bawaslu Kota Surabaya

sukoto pojokkiri.com

Lahirkan Kepemimpinan Nasional, Saatnya Pendidikan Politik Masuk Kurikulum di Sekolah

Harga Garam Madura Anjlok, Peralatan Geo Membran di Madura Minim