Pojokkiri.com

PELINDO REGIONAL 3 SUKSES GELAR LATIHAN KEAMANAN ISPS CODE SKALA PENUH PELABUHAN TANJUNG PERAK

Surabaya, Pojok Kiri.Com,- Pelindo Regional 3 baru saja melaksanakan latihan keamanan skala penuh berdasarkan International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code di Pelabuhan Tanjung Perak. Latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan dan efektivitas sistem keamanan pelabuhan yang biasa disinggahi kapal pesiar dalam menghadapi berbagai ancaman potensial, meningkatkan koordinasi antar berbagai pihak terkait, dan adanya persyaratan ISPS Code utk melaksanakan excercise dan drill.

Dalam latihan yang berlangsung selama 2 hari, disimulasikan berbagai skenario ancaman, mulai dari penyusupan orang yang tidak berwenang, ancaman unjuk rasa, hingga serangan cyber security. Seluruh petugas keamanan pelabuhan, termasuk petugas dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas Utama Tanjung Perak, serta unsur keamanan lainnya, dilibatkan secara aktif dalam penanganan simulasi tersebut.

Agustinus Maun, Kepala KSOP Kelas Utama Tanjung Perak, dalam keterangannya menyampaikan, Latihan ISPS Code ini merupakan bagian penting dari upaya kami bersama dengan pemangku kebijakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan pelabuhan.

“Dengan simulasi yang realistis, kami dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan dalam sistem keamanan, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan.” Ujar Agustinus Maun

Sementara itu, Sub Regional Head Jawa Bambang Hasbullah selaku pengelola Pelabuhan Tanjung Perak, menambahkan, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam mewujudkan pelabuhan aman selama ini. Pelindo Regional 3 juga berkomitmen terus berupaya meningkatkan fasilitas guna menciptakan lingkungan kerja tertib, lancar dan aman area pelabuhan pelabuhan.

“Kami mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam latihan ini. Pelaksanaan ISPS Code merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan. Latihan ini juga menunjukkan kesiapan kami dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di masa mendatang.” Pungkas Bambang Hasbullah

Dengan terselenggaranya latihan ISPS Code skala penuh ini, Pelabuhan Tanjung Perak semakin memperkuat komitmennya dalam menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran. Latihan ini membuktikan bahwa seluruh pemangku kepentingan telah siap siaga menghadapi segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi, sehingga dapat menjamin kelancaran operasional pelabuhan dan kepercayaan pengguna jasa domestic maupun internasional.(Gat/*)