Pojokkiri.com

Sedekah Bumi Dusun Traseng Diwarnai Kirab Tumpeng Gunungan Raksasa

Kades Sidoraharjo Suwoto saat pelaksanaan sedekah bumi (Nuratim (Ura) / Pojok Kiri)

 

Gresik, pojokkiri.com

Ribuan warga Dusun Traseng Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Minggu (14/7/2024) Menggelar tradisi sedekah bumi sangat meriah sekali dengan perayaan kirab tumpeng gunungan raksasa yang berbentuk gunungan berisi sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil pertanian itu diarak keliling sambil berjalan kaki menuju ke pendopo balai Dusun Traseng

Prosesi tradisi sedekah bumi tersebut diawali seluruh warga berduyun duyun membawa ambeng tumpeng dan nampan yang berisi makanan maupun jajan lainnya menuju ke pendopo balai dusun setelah itu seluruh warga berkumpul jadi satu menaruh tumpeng tersebut menjadi satu, setelah itu dilaksanakan istighozah dia bersama.

Selanjutnya seluruh warga masyarakat dusun traseng memperebutkan tumpeng gunungan raksasa yang berbentuk gunungan berisi sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil pertanian tersebut.

Kemudian pada malam harinya panitia sedekah bumi menyuguhkan hiburan pagelaran seni budaya asli Jawa Timuran, Wayang kulit dan campursari, Kembange jagad Indonesia semalam suntuk dengan menghadirkan, Ki dalang, Didik Sasmito Aji dari Mojokerto.

Acara puncak adalah doa bersama dan pengajian umum oleh, Ustadzah mudah, Ning Umi Laila dari Surabaya.

Acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Sidoraharjo, Suwoto, S.H. Pj Kepala Dusun Traseng Nursim, berserta Ketua panitia sedekah bumi, dan seluruh anggota panitia sedekah bumi, Babinsa Desa Sidoraharjo, Sertu B, Efendi, Ketua RT/RW, berserta tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh warga masyarakat Dusun Traseng.

Dalam sambutannya Pj Kepala Dusun Traseng Nursim mengucapkan Rasa terimakasih kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Traseng atas dukungannya dan sumbangsihnya, sehingga acara sedekah bumi ini bisa berjalan dengan lancar.

Menurut Nursim tradisi sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada, Allah SWT dengan menyedekahkan sebagian hasil panen.selain itu, tradisi sedekah bumi ini ini juga menjadi ajang silahturahmi untuk menjaga persaudaraan antar warga Dusun Traseng.

Mudah mudahan dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini warga masyarakat Dusun Traseng diberikan kelancaran rejekinya dan hasil panen berlimpah. Tuturnya.

Ditempat yang sama Kades Sidoraharjo Suwoto, SH dalam sambutannya,” mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia sedekah bumi dan juga seluruh warga masyarakat, Dusun Traseng yang masih nguri-uri dan melestarikan tradisi selamatan sedekah bumi ini Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat dan keberkahannya,

Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, Untuk menumbuhkan rasa syukur kita kepada, Allah SWT dan kegiatan sedekah bumi ini juga untuk memupuk rasa kerukunan antar masyarakat sehingga masyarakat di Dusun Traseng ini bisa menjadi guyub rukun, Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tenteram Karto Raharjo, Artinya kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan yang tenteram. Pungkasnya. (Ura/Dyo).