Pojokkiri.com

Hadapi Lomba PBB Antar Desa Sekecamatan Balongpanggang, Serda Joni dan Kades Kowianto Latih Perangkat Desa dan BPD

Serda Joni, Koptu Edy dan Kades Tenggor Kowianto saat melatih PBB Perangkat Desa dan BPD. (Dyo / Pojok Kiri)

Gresik, pojokkiri.com
Dalam rangka kesiapan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) antar Desa Sekecamatan Balongpanggang, Perangkat Desa dan BPD latihan PBB di Balai Desa yang di latih oleh Anggota Koramil 0817/09 Balongpanggang Serda Joni dan Koptu Edy.

Hal itu di lakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke – 79 tahun 2024, ada lomba PBB di Kecamatan Balongpanggang. Kata Kepala Desa (Kades) Tenggor Kowianto. Selasa (30/7/2024) malam.

Latihan PBB ini dilakukan guna kesiapan menghadapi serangkai lomba HUT RI Ke 79 di Kecamatan Balongpanggang yang akan segera digelar.

Disela-sela kegiatannya lebih jauh Kowianto menjelaskan, Dalam latihan ini, Alhamdulillah Perangkat Desa dan BPD sangat antusias untuk mengikuti latihan, meskipun pada malam hari. Dan kegiatan ini dalam rangka Pemerintah Desa (Pemdes) Tenggor mendukung kegiatan yang diselenggarakan Kecamatan Balongpanggang, selain itu kegiatan ini juga membantu meningkatkan kedisiplinan Perangkat Desa dan BPD. Terangnya.

Lebih jauh Kowianto menyampaikan, “Saya menginginkan dengan latihan tersebut nantinya mereka memiliki sikap PBB ini tentunya tidak untuk persiapan lomba saja, tetapi diarahkan pada pembentukan sikap dan karakter, sehingga harapan kita mereka akan bisa memberikan warna tersendiri bagi Desa,” Ungkapnya.

Kowianto menambahkan, “Latihan ini bertujuan memberikan motivasi agar lebih giat dan optimal dalam berlatih serta menanamkan jiwa nasionalisme,” ungkapnya.

Di akhir obrolannya Kowianto menuturkan, Kami atas nama Pemdes Tenggor mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Trantib Kecamatan Balongpanggang yang sudah melatih dan memberikan materi PBB ini. Semoga Perangkat Desa dan BPD bisa mengikuti lomba dengan lancar dan bisa menampilkan yang terbaik,’ Tambahnya.

Sementara itu di tempat yang sama Serda Joni menuturkan,” Para perangkat Desa dan BPD ini akan mengikuti lomba PBB, sehingga perlu di tanamkan kedisiplinan dan kekompakan, kepada mereka karna ini merupakan modal dasar yang paling penting untuk mencapai suatu keberhasilan” ungkapnya.

Materi dalam latihan PBB ini berupa gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) seperti sikap sempurna,

Lencang kanan, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, penghormatan, sikap istirahat, jalan di tempat dan lain sebagainya” jelasnya.

Serda Joni berharap “pelatihan materi PBB kepada Perangkat Desa dan BPD ini tidak saja hanya di lakukan pada saat menjelang suatu momen kegiatan lomba atau menjelang hari-hari besar nasional saja, namun PBB ini harus rutin di lakukan secara terus menerus sehingga kedisiplinan perlu tertanam dalam diri mereka.

Masih Serda Joni, Karena dengan latihan PBB ini kita berharap meningkatkan kekompakan antar perangkat desa dan BPD. Serta, lanjut Serda Joni terpenting menumbuhkan jiwa Nasionalisme di era modern ini, sehingga tidak melupakan perjuangan para pejuang kemerdekaan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. Tambahnya. (Dyo)