Pojokkiri.com

Kegiatan Tingkatkan Literasi Untuk Indonesia Hebat, Sambut Hari Kunjung Perpustakaan Ke-29

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang, Dra Suhartini Kaptiati mengaku telah menyiapkan berbagai kegiatan, yang mana akan digelar pada Rabu 18 September 2014 mendatang.

Pojokkiri.com, Sampang _ Sejak tahun 1995, secara Nasional Hari Kunjung Perpustakaan setiap tahun diperingati pada tanggal 14 September. Pada tahun itu pula, oleh Pemerintah bulan September ditetapkan sebagai bulan gemar membaca Nasional.

Menyambut hari kunjung perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September 2024, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang, Dra Suhartini Kaptiati mengaku telah menyiapkan berbagai kegiatan, yang mana akan digelar pada Rabu 18 September 2014 mendatang.

Bertempat di halaman Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang, berbagai kegiatan akan digelar, Antaranya senam bersama dan ice breaking, mendongeng dari komunitas membaca, membuat Kriya, untuk Taman Kanak-kanak Mewarnai, dan untuk tingkat SD Keterampilan.

Suhartini mengatakan, dengan diadakannya berbagai kegiatan diatas, tidak hanya menyambut hari Kunjung Perpustakaan ke-29 tahun, namun upaya meningkatkan literasi untuk Indonesia hebat.

Dijelaskan Suhartini, meningkatkan Literasi dimaksud adalah meningkatkan kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, memahami, menginterpretasikan, dan menggunakan informasi dengan baik
Untuk itu, Suhartini berharap di momentum hari kunjung perpustakaan menjadi semangat baru bagi masyarakat Kabupaten Sampang, utamanya para pelajar untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Suhartini mengatakan, dengan diadakannya berbagai kegiatan diatas, tidak hanya menyambut hari Kunjung Perpustakaan ke-29 tahun, namun upaya meningkatkan literasi untuk Indonesia hebat.

“Pastinya dengan sering berkunjung ke Perpustakaan akan memberikan pengalaman positif dan menyenangkan bagi peserta didik hambatan intelektual, serta menciptakan hubungan positif dengan buku dan literasi, meningkatkan minat mereka untuk terus belajar melalui membaca” tutur Suhartini.

Ditambahkan Suhartini, bahwasanya membaca buku sangat baik sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir, menganalisis berbagai masalah, mencari jalan keluar dan solusi hingga menemukan hal-hal baru.(Man)