Pojokkiri.com

Dampak Kekeringan, Anggota DPRD Gresik Komsatun Minta Benahi Waduk Gogor

Gresik, pojokkiri.com
Di Kabupaten Gresik khususnya wilayah selatan masuk lahan hijau atau pertanian,
Ketika musim kemarau kurang air ketika penghujan kebanjiran.

Peran Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah sangat di harapkan Masyarakat.

Pada saat ini musim kemarau petani terancam gagal panin yang ke dua.
Kekeringan melanda di wilayah Kabupaten Gresik, khususnya di wilayah Kecamatan Balongpanggang, hal itu membuat Anggota DPRD Gresik Komsatun terenyuh

Dia mendorong pemerintah mencari solusi untuk mengantisipasi kekeringan.

” Masalah kekeringan adalah ancaman nyata yang harus dihadapi oleh banyak orang khususnya para petani. Untuk itu pemerintah dituntut menyiapkan strategi antisipasi dan solusi, terutama bagi para petani,” kata Komsatun, saat di hubungi melalui WhatsAppnya, Rabu (22/5/2024).

Seperti diketahui, sumber air seperti Waduk Gogor yang terletak di Desa Wonorejo Kecamatan Balongpanggang sekarang mengalami kedangkalan dan Sungai Kalilamong mengering, hal itu menyebabkan tekanan pada pasokan air berkurang, tidak heran para petani ada yang membeli air PDAM atau beralih fungsi tanam kangkung ada jagung. Itupun bagi mereka yang mempunyai modal.

 

Komsatun juga mendesak pemerintah untuk segera memberi bantuan atau solusi untuk masyarakat yang terdampak kekeringan dan pertanian semuanya merasakan dampaknya. Warga harus menghadapi kekeringan, yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini adalah masalah yang kerap datang saat musim kemarau tiba,” tegas Komsatun.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah pusat .Provinsi dan daerah dalam mengatasi gagal panen saat musim kemarau. Komsatun berharap dukungan dan koordinasi itu dapat membantu para petani dan masyarakat yang wilayahnya mengalami kekeringan.

“Dengan dukungan dan koordinasi yang tepat antara pemerintah pusat ,Propinsi dan daerah, kita dapat memaksimalkan upaya bantuan dan mengantisipasi bencana kekeringan,” ujar Komsatun. (Dyo)