Pojokkiri.com

Tanggul Sungai Mengkuli Jebol

Anggota Polsek Turi bersama warga memperbaiki tanggul Sungai Mengkuli yang jebol di areal persawahan Desa Bambang, Kecamatan Turi, Sabtu (19/11). (Foto Zainul Lutfi)

Lamongan, Pojok Kiri.com -Salah satu titik tanggul di Sungai Mengkuli yang melewati Desa Bambang, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Sabtu (19/11/22) siang jebol.

Polsek Turi di pimpin Kapolsek Turi Iptu Kusnandar, SH bersama Bhabinkamtibmas serta babinsa melaksanakan perbaikan tanggul yang jebol tersebut dengan Dinas terkait serta warga masyarakat setempat.

Perbaikan tanggul yang jebol, Sabtu (19/11/2022) menggunakan alat berat dari Dinas BBWS Lamongab serta dibantu oleh puluhan warga, yang disokong anggota Polsek dan Koramil Turi.

Selain menutup tanggul yang jebol secara gotong royong dengan menggunakan Kayu glondongan, Bambu dan tanah yang dimasukkan dalam karung, agar bisa menahan air.

Kapolsek Turi mengatakan, Personil Polsek Turi serta personil Koramil Turi yang terjun membantu perbaikan tanggul yang jebol itu.

“Sementara pihak desa mengerahkan warganya untuk membantu perbaikan,” katanya.

Menurut Iptu Kusnandar, jebolnya tanggul itu akibat volume debit air yang mengalir di Sungai Mengkuli dari wilayah Lamongan selatan volume airnya terlalu besar.

Ditambah, disusul hujan deras pada malamnya yang turun cukup lama. Akibat jebolnya tanggul berdampak hektaran tanaman padi dan perikanan tambak.

“Ada hektaran tanaman padi/tambak tergenang air setinggi 1,5 M, serta jalan menuju Desa Bambang sebagian tergenang air setinggi tiga puluh centimeter,” jelasnya. (lut)