Pojokkiri.com

LBH Mitra Santri Terima Kunjungan Tim Verifikasi Faktual Kemenkumham Jatim

Foto : Ayu Febriana Tim Verifikasi Faktual Kemenkumham Jawa Timur, bersama LBH Mitra Santri Situbobdo.

 

Situbondo, Pojok Kiri
Kemenkumham wilayah Jawa Timur mengunjungi LBH Mitra Santri yang berkantor di Jalan Banyuwangi Perumahan Griya Sari Indah, Banyuputih, Situbondo. Pasalnya, kunjungan tersebut dalam rangka verifikasi faktual akreditasi Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di LBH Mitra Santri, Situbondo.

” Tim verifikasi faktual dari Kemenkumham Jatim berkunjung ke LBH Mitra Santri, kedatangannya tidak lain untuk mendapatkan kepastian secara faktual. Bahwa, LBH Mitra Santri benar-benar ada dan beraktivitas dalam bantuan hukum, “ujar Asrawi Direktur LBH Mitra Santri Situbondo kepada Pojok Kiri. Selasa, (14/5/2024).

Verifikasi dilakukan oleh Kemenkumham Jawa Timur kepada LBH Mitra Santri Situbondo, menurut Asrawi salah satunya sebagai dasar untuk mendapatkan akreditasi dari kementrian tersebut.

” Ini dasar untuk melakukan verifikasi nantinya LBH Mitra Santri, layak sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang layak mendapatkan akreditasi dari Kemenkumham RI, “katanya.

Tak hanya itu saja, Asrawi juga menegaskan bahwa di Kabupaten Situbondo hingga saat ini belum ada lembaga bantuan hukum yang lolos verifikasi. Namun, dia sangat optimis LBH Mitra Santri akan lolos verifikasi pertama sebagai lembaga hukum yang terverifikasi oleh Kemenkumham RI.

” Sampai detik ini Situbondo belum ada LBH yang lolos verifikasi. Mudah-mudahan ini awal yang baik dari LBH Mitra Santri untuk memantapkan diri sebagai lembaga bantuan hukum, yang konsisten terhadap tegaknya hukum dan keadilan. LBH Mitra Santri terus berupaya agar tatanan hukum lebih baik, dan nantinya sebagai pionir sebagai lembaga bantuan hukum pertama ambil peran dalam lolosnya verifikasi, mohon doanya dan dukungan bagi semuanya, “terangnya.

Sementara itu, Asrawi pria yang juga sebagai alumni Ponpes Salafiyah-Safiiyah Sukorejo ini, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkumham Wilayah Jatim yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Kantor LBH Mitra Santri di Situbondo. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada rekan media di Situbondo yang telah bermitra dalam setiap peliputan kegiatan LBH Mitra Santri.

“LBH Mitra Santri mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemenkumham Jatim, yang telah jauh-jauh datang dari Surabaya dalam rangka memastikan bahwa LBH Mitra Santri ada di Situbondo. Juga mengucapkan terima kasih kepada rekan media, yang selama ini bermitra dengan LBH Mitra Santri dalam setiap peliputan kegiatan, sekali lagi kami sampaikan terima kasih, ” ucapnya.

Diketahui kunjungan Ayu Febriana dan Tim Verifikasi Faktual Kemenkumham Wilayah Kantor Jawa Timur di LBH Mitra Santri, berjalan dengan lancar dan disambut hangat oleh pengurus dan anggota LBH Mitra Santri Situbondo. Pengecekan ruang kantor, konsultasi, paralegal, advokat dan pengecekan mekanisme alur bantuan hukum yang dilakukan oleh LBH Mitra Santri juga dilakukannya. Visi dan misi serta struktur organisasi LBH Mitra Santri, tidak lepas dari pengecekan oleh Kemenkumham tersebut. Nampaknya, semua itu ada di LBH Mitra Santri Situbondo. (Inul)