Pojokkiri.com

Polisi Selidiki Dugaan Pencemaran Limbah

Limbah cair berwarna orange diduga milik Pabrik BIB masuk ke lahan pertanian warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong. ( Foto Zainul Lutfi)

Petugas Koramil Brindong mengambil simpel limbah cair milik Pabrik BIP. (Foto Zainul Lutfi)

Lamongan, Pojok Kiri.com -Tanaman padi umur dua bulan milik warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong Kab Lamongan gagal panen.

Hal itu disebabkan karena aliran air menuju persawahan diduga tercemar limbah pabrik yang tidak jauh dari lokasi persawahan tersebut.

Menurut petani, adanya perubahan warna menjadi hitam pada daun padi merupakan dampak dari pencemaran limbah yang menyebabkan petani mengalami gagal panen. Selain itu Waduk Brengkok juga terkena limbah pabrik.

” Akibat limbah pabrik ini tanaman padi milik Sumaji yang baru berumur dua bulan mati layu. Begitupun, ikan ikan di waduk Brengkok pada ngambang mati, ” ujar DU, warga Desa Brengkok, Kecamatan Paciran, pada Pojok Kiri.

Menurut DU, ada dugaan pipa yang ditanam Pabrik BIP disalurkan begitu saja ke saluran irigasi mengarah ke waduk. Ini bisa dibuktikan pipa yang ditanam itu mengeluarkan cairan warna orange dan berbau menyengat.

” Dan limbah cair itu langsung mengalir ke waduk dan lahan persawahan milik warga. Kasus ini sudah kami laporkan ke Mapolsek Bronding, ” tandas DU.

Mendapati laporan ini petugas Polsek Brondong bersama Koramil Brondong dan Satpol PP Kecamatan Brondong langsung terjun ke lokasi untuk olah TKP.

“Kami mengambil sampel limbah yang dibuang. Sampel limbah itu nantinya akan diuji di laboratorium untuk menentukan jenis limbahnya, apakah berbahaya atau tidak. Kasus ini sudah kami limpahkan ke Mapolres Lamongan, “Ujar, Iptu Lugman Hadi, Selasa (15/11). (lut)