Pojokkiri.com

Bupati Bojonegoro dan Wabup Tuban Lakukan Ground Breaking Jembatan Kanor -Rengel

Bojonegoro,Pojok Kiri – Tuban dan Bojonegoro merupakan dua Kabupaten yang terpisahkan oleh sungai Bengawan Solo.
Sarana transportasi  penyebrangan perahu motor masih menjadi primadona masyarakat Rengel (Kabupaten Tuban) maupun Kanor (Kabupaten Bojonegoro) hingga sekarang. Namun kini mereka dapat tersenyum bahagia, peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan jembatan penghubung kedua wilayah tersebut telah diresmikan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, di Desa Semambung Kecamatan Kanor, jum’at(9/4/2021)
Berdasarkan desain dan konstruksinya, jembatan Penghubung yang berada di Kecamatan Kanor turut Desa Semambung dan Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel tersebut melintas diatas sungai Bengawan Solo yang memiliki panjang total bentang 210 meter, terdiri dari 5 bentang menggunakan rangka baja tipe A, dengan lebar jalur kendaraan 7 meter + trotoar 2X1 meter. Pembangunan jembatan meliputi struktur bawah jembatan (abutment dan pilar jembatan) dan steuktur atas jembatan serta finishing (pemasangan rangka baja jembatan). Konstruksi abutment menggunakan beton bertulang dan pondasi menggunakan tiang pancang.
Kegiatan pembangunan jembatan tersebut diselenggarakan berdasarkan anggaran pada APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021. Dengan percepatan pembangunan jembatan Kanor-Rengel tersebut bertujuan untuk mendukung aksesibilitas masyarakat setempat pada khususnya serta masyarakat sekitar pada umumnya dengan harapan peningkatan pergerakan masyarakat dapat berdampak positip pada kegiatan masyarakat diberbagi sektor, baik pertanian, perdagangan, wisata, pendidikan, maupun yang lain.
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutanya mengatakan, perencanaan pembangunan jembatan Kanor-Rengel ini sudah lama dilakukan, namun berkat sinergitas kerja sama yang baik antara Pemkab Tuban dan Bojonegoro, serta dukungan seluruh Forkopimda dalam mengawal kegiatan pembangunan jembatan mulai dari pembebasan lahan hingga sampai sekarang ini. Juga berkat dukungan semua pihak mulai dari Canat serta Pemerintah Desa Semambung Kecamatan Kanor maupun Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel, dimana masyarakatnya setempat menyambut gembira atas kegiatan ini bisa terealisasi dengan baik.
Di awal tahun 2021 tepat pada tanggal 03/01/2021, peresmian jembatan TBB (terusan Bojonegoro-Blora) yang dihadiri dan diresmikan oleh empat menteri sekaligus juga mengkoneksikan dua wilayah perbatasan Provinsi Jatim-jateng dan dua Kabupaten yakni Bojonegoro-Blora sudah terealisasi, ini sebagai wujud nyata sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan Blora dalam mendorong membangun ekonomi kawasan.
Turut hadir dalam ground breaking pembangunan jembatan, Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Wahyu Ermawati, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Forkopimda Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Kepala OPD, Camat Rengel dan Kanor, dan Kades Semambung dan Ngadirejo.(ndo)

Berita Terkait

Datang ke Dispertan, Sekda Temui PPL se-Kabupaten

Sebanyak 5.172 Petugas Pelayan Publik Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

Antisipasi Banjir, Pemkab Jombang Normalisasi Sungai