Pojokkiri.com

Tumbuhkan Generasi Cinta Lingkungan Pada Anak Usia Dini, Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Adakan Pelatihan Hidroponik

Surabaya, Pojok Kiri –Sejumlah Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur (UPNVJT) yang tergabung ke dalam Kelompok 41 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T), telah usai mengadakan pelatihan hidroponik di Balai Pertemuan RT 04 RW 04 Putat Gede, Sukomanunggal, Surabaya. (25/06/2022).

Pelatihan hidroponik merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh Kelompok 41 KKN-T UPNVJT. Kegiatan tersebut menghadirkan Dewi Puspa Arum, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bersama Eni Nurhayati, S.Pd., M. Pd. sebagai pemateri dengan dihadiri oleh anak – anak usia dini beserta warga RT 04 RW 04 Kelurahan Putat Gede.

Dewi Puspa Arum dalam kegiatan tersebut, menyampaikan beberapa materi mengenai hidroponik. Diantaranya pengertian hidroponik secara umum, sistem apa saja yang digunakan untuk melakukan budidaya hidroponik, keunggulan hidroponik dan nutrisi yang digunakan.

“Dengan adanya pelatihan hidroponik ini, kami berharap masyarakat sekitar utamanya RT 04 RW 04 Putat Gede dapat lebih berkreasi dalam berkebun tanpa menggunakan media tanah melainkan dengan media air,” ujar Dewi Puspa Arum di sela – sela saat memberikan materi pada saat Pelatihan Hidroponik. (25/06)

Setelah pemaparan materi usai, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan praktik budidaya hidroponik. Kelompok 41 KKN-T UPNVJT juga melibatkan usia dini dalam sosialisasi budidaya hidroponik dan juga memberikan asistensi dalam praktiknya. Mulai dari pelarutan nutrisi, pencampuran, penyiapan tempat, pengisian media tanam hingga penanaman bibit.

“Kami berharap anak – anak usia dini dapat turut berperan aktif dalam pemberdayaan lingkungan, salah satunya memahami penanaman hidroponik dengan menerapkannya dan merawatnya,” ucap Cindy Prastia selaku Ketua Kelompok 41 KKN-T MBKM UPNVJT kepada Pojok Kiri (08/07)

Berita Terkait

Mahasiswa KKN-T UPNVJT Bantu Warga Kelurahan Klampok – Gelar Pendaftaran NIB Massal

Tipu Karyawan Pakuwon Golf & Family, Bos CV Sharon Wisata Diadili

aziz pojokkiri.com

MAHASISWA UPN JAWA TIMUR LAKUKAN PENDAMPINGAN UMKM – BANTU DAPATKAN LEGALITAS USAHA BERUPA NIB