Pojokkiri.com

Mahasiswa Untag Tingkatkan Kreativitas Editing Melalui Magang di Radio Mercury

Surabaya, Pojok Kiri –

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki kegiatan magang yang wajib diikuti oleh tiap mahasiswa. Magang merupakan bentuk penerapan materi yang dilakukan pada suatu instansi atau perusahaan tertentu di bawah bimbingan mentor. Seperti yang sudah dilaksanakan oleh Aulia Yunita Sukarno Putri dari program studi Ilmu Komunikasi dengan peminatan broadcasting. Yang di bimbing oleh Moh. Dey Prayogo, S.I.Kom., M.I.Kom dan Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom selaku dosen pemimbing.

Magang dilaksanakan di Radio Mercury, dilakukan selama 30 hari kerja. Dimulai sejak 4 Agustus 2023 hingga 14 September 2023. Selama kegiatan berlangsung saya ditempatkan sebagai editor dibimbing oleh mas Lukman selaku tim produksi. Sebelum melakukan editing saya harus melakukan pengambilan video terhadap program siaran talkshow yang berada di studio Radio Mercury. Video yang saya edit nantinya akan diunggah di tiktok, youtube dan Instagram.

Channel Youtube Radio Mercury

Konten video tiktok berisi recap talkshow, konten youtube berisi video selama talkshow yang ditujukan kepada para pendengar yang tertinggal dalam program tersebut dan dapat diakses melalui channel youtube. Dan yang terakhir konten Instagram yaitu Mercury Fact, merupakan seputar informasi  fakta menarik yang ada di dunia.

Tidak hanya aktif di kantor saja, saya juga turut bergabung dalam liputan di luar  seperti event 10 Tahun KUMKM Expo 2023, yaitu pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Dan juga mengikuti event Senja Surya (Seneng Njajan nang Pasar Surya ) yang merupakan ajang promosi UMKM Surabaya terutama UMKM Kuliner yang diselenggarakan oleh Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya.

Foto kegiatan saat melakukan siaran

Tak hanya sebagai editor, saya juga mendapat kesempatan belajar menjadi penyiar. Hal yang harus dilakukan pertama adalah mencari berita yang sesuai, kemudian menulis ulang kembali berita tersebut dan yang terakhir melakukan proses rekaman. Dalam proses rekaman juga tidak mudah, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan. Seperti posisi duduk tegap, menggunakan suara perut.dan smilling voice.

Kegiatan magang memberikan pengalaman yang nyata di dunia kerja. Banyak ilmu yang  saya dapat di Radio Mercury Kegiatan sehari hari yang saya lakukan mampu untuk melatih disiplin waktu, kecekatan dalam bekerja dan mampu untuk memahami ilmu yang diberikan. (mar)

Berita Terkait

Gondol Motor Teman Ngopi, Remaja di Surabaya Nyaris Dimassa

Asyik Preteli Motor Curian, Pelajar SMP Manukan Wetan Diringkus Polisi

Dewan Jatim : Perhatian Minim, Kondisi Madrasah Memprihatinkan