Pojokkiri.com

Sebulan Operasi, Polres Tulungagung Amanakan 20 Tersangka Kasus Obat Terlarang dan Miras

Kapolres Tulungagung, AKBP E.V Pandia saat menggelar konferensi pers.

Tulungagung, Pojok Kiri
Satreskoba Polres Tulungagung berhasil mengamankan 20 tersangka dalam gelaran operasi rutin selama satu bulan terkahir. Dari tersangka yang diamankan terjerat kasus penyalahgunaan narkoba, obat terlarang dan peredaran minuman keras (Miras).

Dari hasil operasi tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa sabu dengan berat 9,17 gram, 1000 butir pil koplo serta ratusan botol minuman keras.

Dari jumlah tersangka yang ditangkap, 12 di antaranya merupakan jaringan narkoba jenis sabu, 5 pengedar pil koplo dan 3 pengedar minuman keras.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan, untuk 12 pengedar narkoba jenis sabu ini berasal dari dua jaringan yang berbeda.

“Terbongkarnya dua jaringan tersebut mengidentifikasi bahwasannya peredaran narkotika cukup tinggi di Tulungagung,” jelas E.G Pandia, Rabu (30/10/2019).

Dari hasil penyidikan, dua jaringan ini terdiri dari pengguna, pengedar serta perantara. Mereka mengaku mendapatkan barang haram dari luar kota.

“Peran mereka bukan bandar tapi sebagai pengedar dan pengguna saja. Dari ke 12 tersangka narkoba ini, lima diantaranya adalah residivis,” ujarnya.

Untuk 12 tersangka sabu, dijerat dengan pasal 114 ayat (1) dan pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun.

Sementara untuk tersangka pil dobel L dijerat pasal 197 Sub pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman 15 tahun.

Sedangkan, untuk tersangka miras, mereka dikenakan pasal 142 Jo 91 ayat (1) UU RI No. 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman 5 tahun.(yon/lf)

Berita Terkait

Dua Pekan Operasi Zebra, Polres Tulungagung Catat Pelanggar Mayoritas Pelajar

Polres Tulungagung Berhasil Tangkap Pelaku Tabrak Lari di Karangrejo

adminkiri01

Enak-Enak Minum Ciu Warga Tulungagung Dikeroyok Orang Tak Dikenal

adminkiri01